Di Belakang Kamu Bilang, Di Depan Kamu Diam

Sedikit update. Jadi akhir-akhir ini nggak bisa nulis diblog karena sibuk ngurusin nyari tanda tangan dosen sama nglengkapin berkas biar surat keterangan lulus cepet keluar. Dan akhirnya, semua kelar. Fiuh. Kedua, di awal bulan aku sempet ikut rangkaian acara Stand Up Comedy Juru Bicara punyanya Pandji. Termasuk juga dapet kesempatan Meet And Greet yang isinya nonton bareng Menemukan Indonesia ditambah sesi tanya jawab sama si doi. Hasilnya kita bisa selfie bareng dan dapet sudut pandang yang baru. Faigk!


Soal stand up nya Pandji, salah satu bit yang aku suka di hari itu adalah dunia pertelevisian Indonesia yang makin parah. Dikit-dikit sensor. Sensor dikit-dikit. He. Menurut Pandji yang sudah malang melintang di dunia telivisi (pastinya). Kalo masalah sensor menyensor sebenarnya bukan salah KPI tapi KPU (lah kok jadi pemilu?). Oke-oke serius.


Masalah sensor menyensor sebenarnya bukan salah KPI tapi salah si stasiun tivi. Jadi sebenarnya KPI hanya bertugas sebagai pihak yang memberi teguran kepada stasiun tivi kalo ada siaran yang menyalahi aturan. Dan sensor dilakuin sama tivi tanpa ada campur tangan KPI. Nah, menurut Pandji sebenarnya orang-orang tivi terlalu sensitif untuk melakukan sensor terkait apa yang mau mereka siarin. Orang-orang tivi mikirnya kalo pemikiran pemirsa sama dengan pemikiran mereka. Misalnya, orang tivi mikir kalo pemirsa melihat belahan dada akan jadi napsu. Padahal bisa jadi yang napsuan sebenarnya orang-orang tivi (proyeksi). Lah berarti yang bermasalah pemikiran mereka dong? Bukan pemikiran pemirsa. Lagian, nggak semua pemirsa mikirin kayak begituan. Jadi jangan pukul rata dong. Begini dah akibatnya, dikit-dikit maen sensor. Nggak usah belahan dada deh. Susu sapi yang lagi diperah aja disensor. What the hell!! (Ehm, bahasa Inggris aku bener kan ya?).


Sebenarnya, selain soal sensor menyensor dari dulu banyak stasiun tivi di Indonesia yang nayangin acara yang nggak penting. Salah satunya infotainment. Kebanyakan acara infotainment di Indonesia sukanya bahas-bahas hal yang sepele. Misalnya bahas harga sepatu artis si A atau isi tas artis si B (ini juga sempet dibahas sama Pandji). Dan infotainment Indonesia cenderung mengarah ke gosip. Dan gosip identik sama ngomongin kejelekan orang lain. Nggak usah jauh-jauh di tivi deh. Bahkan belum lama ini pas aku sama temenku lagi makan. Tepat di depan kami ada tiga orang cewek yang lagi ngomongin kejelekan orang lain.


Gini ceritanya. Jono seorang temen pengen makan pepes. Ya udah to ya, aku ngikut aja karena dia pengen makan pepes dan aku juga nggak keberatan kalo malam itu makan pepes. Berangkatlah kami ke warung pepes. Awalnya, kami duduk dengan damai dan sejahtera. Tapi beberapa menit kemudian tiga orang cewek duduk di depan kami. Dan sejak mereka duduk sejak itu pula bencana bagi Jono dan aku.


Sedari awal makan sampe piring jadi kosong mereka bertiga nyinyir mulu. Kalo dari ceritanya sih mereka ngomongin satu orang yang mereka anggap sebagai biang kerok dari ketidakbecusan sebuah kepanitiaan. Iya, kayaknya mereka bertiga adalah mahasiswa. Mulai dari ngomongin si A sukanya marah-marah dan sukanya protes mulu. Dan kedengarannya dari cerita mereka, si A ini kedudukannya tinggi. Mungkin Yang Mulia (ini kepanitiaan atau Benteng Takeshi?).


Okelah, ngomongin orang lain itu hak mereka dan urusan mereka. Tapi masalahnya terselip kata-kata kasar di saat mereka ngomongin si A. Di tambah volume omongan mereka cukup keras. Di tambah lagi mereka ngomongnya di depan umum. Sinting! Sempat juga mereka kami tegur mereka sambil menyindir. E tapi dasar kuping kesumpel popok bayi kali ye. Ditegur sambil disindir tetep aja nggak ngerasa. Sinting! Oke, cukup. Aku kebawa esmosi.


Ehm, kata yang tepat untuk mereka adalah salah tempat. Kenapa mereka nggak ngomong langsung ke si A kalo sebenarnya si A itu salah dan Si A itu kerjanya nggak becus. Memangnya ketika ngomongin si A dibelakang keadaan akan berubah? Salah satu dari mereka bilang, “Lah tadi si A, sok ngasih tahu kalo tempat Z nggak ada yang jaga. Heloo, emang kamu (si A) ke mana aja pas yang lain lagi sibuk jaga. Harusnya kamu (si A) yang jaga dong!”. Lalu yang lain jawab, “Kamu bilang gitu ke si A?”. Orang yang tadi ngomel jawab, “E.. enggak. Aku cuma kepikiran aja.”. Gubrak! Sandal jepit lo! Beraninya di belakang doang.


Entah sejak kapan, aku udah lupa. Aku semacam bikin janji sama diri sendiri untuk nggak ngomongin keburukan orang lain di belakang. Dan berlagak baik ketika ketemu orangnya. Bukan berarti aku nggak pernah ngelakuin sih. Pernah. Lah barusan tulisan tadi kayaknya habis ngomongin orang deh. Tapi jarang banget dan berusaha ngilangin hal macam gitu. Bahkan kalo ada orang yang suka ngomongin kejelekan orang biasanya aku berusaha nggak ikutan atau ngerem diri sendiri supaya nggak “kepanasan”. Maksudku berusaha untuk nggak kemakan omongan. Sejauh ini kalo aku nggak suka sama seseorang aku akan bilang ke orangnya langsung. Atau membenci sifatnya tapi bukan orangnya. Atau paling mentok nggak mempedulikan orang itu. Dan kurasa itu adalah pilihan terbaik saat ini daripada ngomongin di belakang dan menjelek-jelekan orang itu. Bagiku itu bukan termasuk ke dalam pilihan.


Mungkin ketiga orang tadi emang baik, cuma karena lagi marah aja. Makannya mereka ngomongnya di belakang. Dan semoga aja sih apa yang mereka lakuin bukan jadi kebiasaan. Ayolah emang apa sih manfaatnya punya kebiasaan ngomongin kejelekan orang?


Kecuali kalo ngomongin kejelekan orang jadi salah satu syarat bagi manusia untuk masuk surga, menambah karma baik, atau membuat hidup di masa mendatang jadi lebih sejahtera. Nah, kalo kayak gitu manfaatnya, mungkin aku akan sering ngomongin kejelekan orang. Jadi sebuah kebiasaan. Bahkan jadi agenda saat keluar rumah. Menjadi alasan utama untuk melupakan keadaan pertelevisian Indonesia yang semakin parah saja. Tolak sensor belahan dada!





Komentar

  1. gosip emang lebih menyebalkan dari apapun yg menyebalkan
    scra pribadi saya jg ga sk gosip meskipun saya perempuan
    lebih baik ngomong didepan daripada dibelakang...
    ya ga?!

    BalasHapus
  2. Indonesa is my country.. Hidup!

    Iya, yg nafsuan pasti si penyensor. Kita mah biasa aja gitu. Mungkin.

    BalasHapus
  3. emang sekarang ditelevisi dikit dikit di sensor . Kadang gue enggak nyaman dalam keadaan ini .Bukannya apa apa kadang kalo lagi nonton enak enaknya , ada sedikit sensor ituu udah ngeganggu banget ,

    BalasHapus
  4. ciee, baru ketemu sama Bang Pandji. mana nih foto selfienya kok nggak dishare juga hehe.

    topik yang dibahas bang pandjo emang hal yang sepele tapi selalu ngena. seperti bahasan sensor dan infotaiment itu. kalau sensor sih kayaknya asik banget buat dibahas soalnya sensor di televisi sekarang udah kebangetan banget.

    hmm, kayaknya 3 orang tersebut perlu pendalaman sisi spiritual lagi deh. aku paling nggak suka dengan orang yang suka ngomongin di belakang kayak gitu apalagi nanti pas di depan belagak sok baik. makanya kalau semisal lagi nongkrong terus topik bahasan sedang ngomongin kejelekan orang, pastilah langsung aku tinggal sibuk sendiri dan mengacuhkan mereka.

    BalasHapus
  5. Oh ya, fotonya nanti coba aku tambahin. Sementara liat dulu di IG ya. haha.. Setuju, ndak baek juga ngomongin kejelekan orang.

    BalasHapus
  6. Gue mendukung Tolak Sensor. hahaha. Lo ada-ada aja bro. Waduh, lumayan sibuk ya, sekarang. Kalo udah urus-urus tanda tangan, keknya bentar lagi ngelamar kerja ni? Ada rencana mau ke mana?

    Keren sih, udah bisa ketemu bg Panji. Gue dari dia jadi Panji Milenium sampe jadi Stand up Comedy-an, belum pernah ketemu langsung. Pengen, sih. Lo beruntung banget ya bro, bisa ketemu bg Panji.

    Soal ngomongin Orang, gue gak tau, sih. Harus gimana? Soalnya infotaiment hadir itukan, terinspirasi dari ngomongin orang. Keknya, sih.

    BalasHapus
  7. Asek, foto sama bang pandji, itu dia yang penaklur ular itu kan, haduh, hampir mirip sih keknya.

    Iya nih, gue juga agak risih masalah sensor bro, adek gue nonton spongebob, karakter sendy, belahan dadanya disensor, lagian, SIAPA YANG NAFSU SAMA KARTUUN!!! agak kesel gue.

    Nah, ini ada lagi masalah ditv yaitu infotainment, apalagi, ibu2, yarabb, biasanya pagi2 itukan ada acara ceramah, setelah acara ceramah, eh malah acara gosip, sama aja tobat sambel ini mah hahaha... abis tobat, ngomongin orang lagi, haduh INDONESIA.

    BalasHapus
  8. Asik banget bisa ketemu sama Panji. Skah satu idolaku juga. Hehe. Berarti selama ini mereka yang suka nyalahin KPI dan bilang "KPI sehat?" itu salah ya. Harusnya stasiun tivinya yang didemo. Iya, acara infotainment emang gak mutu banget.
    Betul, aku juga seneng kalau ada orang yabg negur atau ngomong langsung ke aku kalau aku salah. Pun sebaliknya. Kalau diomongin dibelakang terus kapan bakal berubah.

    BalasHapus
  9. wah nonton juru bicara. di jogja ya? abis itu di Balikpapan, tapi gatau gue nonton apa enggak :')

    Hmmmm... kalo ngomongin orang dari belakang itu udah gak heran banget. sampe ada istilah zaman dulu gak nongkrong dicariin, zaman sekarang gak nongkrong dibicarain. xD

    gue juga berusaha gitu, gak mau ngomongin orang dari belakang karena gue yakin setiap misalnya gue gitu, bisa aja pas guenya gak ikutan ngumpul, eh jadi gue yang dibicarain :|

    BalasHapus
  10. oalah..
    jadi gitu toh, baru tahu ternyata semua bukan ulah KPI, ada campur tangan pihak televisi yang ternyata pikirannya lebih jorok.

    belajar buat g ngomongin orang dibelakang kita, yes.. setuju sama kamu, emang kalau kita ngomongin mereka di belakangnya keadaan berubah? ya g lah, orang mereka g denger. ada baiknya kita mulai berani berkata jujur kepada yang bersangkutan, emang susah tapi dari pada ngomongin dibelakang, iya g?

    BalasHapus
  11. waahh asik bener bro bisa ketemu dan selfie bareng pandji. jadi pengen bro :)) hahaha

    bener juga bro apa yang dikatakan oleh pandji, tapi kalau menurut gue sih, kita ambil pemikiran sisi positifnya saja, yang nonton di televisi kan semua umur, dari anak2 hingga dewasa, kalau yg sudah dewasa kan gapapa juga kali ya nonton belah2an gitu tapi bagaimana dengan anak2 kecil yg dibawah umur nonton hal yg belum pantas dengan umur mereka? gitu aja sih pendapat dari gue, kalau ada salah gue minta maaf :(

    BalasHapus
  12. Wih keren bisa selfie sama Panji. Ngikut komen kayak yang lain. Hehe..
    Tapi beneran sih foto sama artis keren ya.

    Aku sudah lama tau sih kalo yg sensor itu bukan pihak KPI apalagi KPU tapi tapi pihak channel tvnya sendiri. Kpi cuma mengawasi doang. Ngomongin ngeblur dada sih emang bagus ya, tapi yg bikin bingung waktu mereka ngeblurnya malah keseluruhan badan. Itu badan masa isinya dada semua?

    Bagus nih, kebiasaan ngomongin orang mulai ditinggalkan, semoga konsisten!

    BalasHapus
  13. Ane ga bisa ngomong panjang karna sudah terwakili dengan komntar yang lain.
    mungkin Quote ini sangat cocok dengan pembahasan ente:

    "Orang yang bersalah dengan sendirinya menjauh" - By: Khairulleon pujangga sesat

    BalasHapus
  14. hehe..santai aja, setiap orang boleh berpendapat. hehe. eit dah, cuma belahan dada bro. itu masih pantas2 aja.. cuma orang dewasa aja yg mikir itu nggak pantas.. dan kalo nggak pantas, disitulah peran orang tua untuk mendidik anaknya.

    BalasHapus
  15. Waduh arti qoutenya apa tuh? Suer agak bingung aku. Waduh (lagi), komen ada banyak tuh, komen yang mana tuh yg ngewakilin pikiranmu?

    BalasHapus
  16. kata si upin ipin sih: Betul betul betul

    BalasHapus
  17. Udah ada rencana nih. Tapi rahasia. haha.

    BalasHapus
  18. Kalau mau quote-quote ngena lainya silahkan follow instagram ane @khairulleon .

    Loh promosi

    BalasHapus
  19. hahaha. Ujung-ujungnya dia promosi _-

    BalasHapus
  20. Sekarang udah yudisium kan?? hehhe

    Anjayy si ignaa nntn Juru Bicara di Pandji. sayang banget di kota gue gak ada naa. Padahal gue mau banget nntn Stand Up nya bang Pandji. Apalagi elo bilang bit-bit bang Pandji yang bahas hal2 kayak sensor di tv atau gossip gitu hehe

    BalasHapus
  21. eh, seru ya bisa bertukar pendapat sama si Pandji jadi dapet pandanan baru.
    iya, rada sebel sama sensor sensor itu. nonton jinny oh jinny jaman SD dengan udel keliatan juga gak napsu kok. sekarang jadi d sensor jadi aneh hmmm

    btw kalo ngomongin orang kayanya semua orang suka deh. orang indonesia nih terutama masih punya nyali kecil buat ngomong apa yg mereka rasain ke orang. biasanya sih takut kalo dimusuhin wkwk

    BalasHapus
  22. wih... the one and only pandji... gue baru tau asli, kalau ternyata yang nyensor2 itu orang tivinya. Gue kira KPI. jadi selama ini salah besar orang2 yang mengkambing hitam-kan KPI gara2 sensor belahan dada dong ya... apalagi orang2 yang nyalahin KPu. haduh.

    BalasHapus
  23. Mantep dah udah nonton stand up spesialnya bang pandji. Btw, lu nontonya di kota mana?

    Emang dah bang pandji kalo stand up itu topiknya pasti yg berbobot dan indonesia banget.

    Dan mudah-mudahan gue kebagian tiket juru bicara tur yang di jakarta akhir tahun ini. Doain bro.. hehe

    BalasHapus
  24. Amin.. mudah2an dapet. nonton yg di jogja brow.. hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berburu dan Bertemu

Teman Imajinasi

Suatu Hari di Tukang Foto Copy (kok kayak judul FTV yak?)